Oleh: ikanbijak | Maret 31, 2016

Menjelajahi Pinggiran Pantai Lombok Dengan Nissan X-Trail

Pengalaman tahun lalu menjadi pembelajaran berharga dalam mengelilingi Pulau Lombok. Betapa tidak, keinginan untuk menikmati keindahan pesisir, bukit dan budaya Pulau Lombok pupus sudah. Saat itu, mobil yang saya naiki minibus kecil yang tidak mampu menembus jalalan pelosok Pulau Lombok yang hanya kerikil, batu karang dan juga tanah merah (lempung). Kondisi inilah yang dikeluhkan driver yang membawa saya berkeliling Pulau Lombok. Alhasil, hanya beberapa lokasi yang berhasil saya abadikan lewat kamera kesayangan.

Untuk itu, dalam menaklukan jalanan yang dikeluhkan driver demi menikmati indahnya Pulau Lombok secara utuh, kali ini saya meminta rental langganan untuk menyiapkan mobil sport yang terkenal tangguh disegala medan. Sang pengelola pun menyodorkan Nissan X-Trail, karena jenis Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik.

Perjalanan yang saya lakukan kali ini hampir sama dengan tahun yang lalu, dimana lokasi pertama yang harus dikunjungi adalah Pantai Sire Medane-Lombok Barat, dimana kita bisa menyaksikan dan mengabadikan matahari terbit (sunrise). Setelah menikmati indahnya suasana pantai dengan latar belakang Gunung Rinjani, perjalanan dilanjutkan menuju Mesjid Kuno Bayan Beleq di Lombok Utara yang merupakan mesjid pertama dan tertua di Bumi Seribu Mesjid. Disini, kita tidak hanya bisa menyaksikan mesjid tua, akan tetapi juga perkampungan adat. Objek human interest saya abadikan dengan cermat di lokasi ini.

Tidak jauh dari lokasi Mesjid Kuno, saya menikmati indahnya air terjun Sendang Gila yang terletak di ketinggian 600 m di atas permukaan laut (dpl) dan memiliki ketinggian kurang lebih 31 meter. Setelah itu, perjalanan saya lanjutkan memutar ke arah timur dengan membelah kawasan perbukitan yang dikenal dengan Bukit Sembalun. Disini, kita bisa menyaksikan perkampungan yang berada di bawah yang diapt oleh dua bukit. Agar bisa makan siang di Lombok Timur, maka perjalanan harus segera dilanjutkan ke arah Pantai Pink-Lombok Timur. Disebut Pantai Pink, karena pasirnya berwarna pink yang disebabkan oleh terjadinya pelapukan kayu cendana yang kemudian bercampur dengan pasir. Romantisme Pantai Pink saya abadikan dengan lensa lebar guna mendapatkan gambaran yang utuh tentang pasir yang unik dengan hamparan pantai yang jernih serta diapit oleh perbukitan. Sungguh kombinasi keindahan alam yang patut disyukuri.

Ketika matahari berada tepat di sekitar kepala, saya harus segera bergerak menuju Pantai Tanjung Aan-Lombok Tengah yang merupakan kombinasi pasir putih dengan bebatuan besar dan laut biru. Disini, kita bisa melihat turis asing bermain kayak di laut biru. Tidak jauh dari Tanjung Aan, saya melanjutkan perjalanan ke Pantai Kuta. Pantai ini memiliki keunikan pasir, dimana pasirnya bulat-bulat sebesar buah merica atau lada. Selain menikmati keunikan pasir, pengunjung bisa menyaksikan bukit kura-kura, karena bentuknya menyerupai hewan kura-kura. Dari pantai ini, saya melanjutkan ke Pantai Mawun, salah satu pantai favorit turis asing, karena pantai ini sangat bersih, air laut yang jernih dan teduh karena pantai ini diapit oleh dua tanjung yang berdekatan. Perairan dangkal dengan air laut biru toska, mengundang setiap pengunjung untuk berenang. Masih di Lombok Tengah, saya melanjutkan perjalanan menuju Pantai Selong Blanak, pantai inilah yang belum bisa saya ceritakan karena belum sempat dikunjungi. Namun menurut penuturan driver, pantai ini tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Lombok Tengah.

Setelah menikmati keindahan alam, mumpung masih di Lombok Tengah, saya berkunjung ke Desa Adat Sade. Disini, saya mengabadikan kehidupan masyarakat adat dengan ke-khas-an kain tenun Lombok yang fenomenal. Bangunan-bangunan rumah adat Lombok yang khas, bisa kita saksikan di perkampungan ini. tidak memerlukan waktu lama, karena perkampungan adat tidak luas, saya melanjutkan perjalanan ke Pantai Malimbu-Lombok Barat guna menikmati indahnya detik-detik matahari tenggelam (sunset). Disini, sebelum matahari tenggelam, kita bisa menyaksikan warna orange yang sangat dominan di ufuk barat. Jangan berhenti sampai sini, tunggulah beberapa menit setelah matahari tenggelam, kita dapat menyaksikan twilight dengan warna kebiru-biruan akibat pantulan cahaya matahari.

PT. Nissan Motor Indonesia selaku produsen mobil bermerek NISSAN menghadirkan juga kendaraan model luxury yaitu INFINITI. Mobil Infiniti menawarkan berbagai kemewahan, kenyamanan, teknologi tinggi dan fitur terlengkap yang akan memanjakan Anda


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: