Oleh: ikanbijak | Januari 17, 2009

Pengantar Sosiologi Masyarakat Pesisir

Judul : Pengantar Sosiologi Masyarakat Pesisir
Penulis : Arif Satria
Penerbit : Cidesindo
Tahun Terbit : 2002

Daftar Isi
Bab 1 Pendahuluan

Bab 2 Karakteristik Sosial Masyarakat Pesisir
Karakteristik Sosial Masyarakat pesisir
Pengertian dan Penggolongan Nelayan

Bab 3 Struktur Sosial Masyarakat Pesisir
Patron-Klien : Ciri Umum Struktur Sosial
Stratifikasi Sosial

Bab 4 Dinamika Perubahan Teknologi Perikanan dan Formasi Sosial
Perubahan Teknologi Perikanan sebagai Perubahan Kebudayaan
Modernisasi Perikanan
Konsep Formasi Sosial
Pola Bagi Hasil

Bab 5 Konflik-konflik Masyarakat Pesisir
Teori Konflik
Anatomi Konflik Nelayan
Resolusi Konflik

Bab 6 Pengelolaan Sumberdaya Perikanan Berbasis Masyarakat
Command and Control, CBM, dan Co-management
Pendekatan Berbasis Rights

Bab 7 Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir
Kemiskinan Absolut dan Relatif
Kemiskinan Kultural dan Struktural
Pemberdayaan : Hasil Pergeseran Paradigma Pembangunan
Dimensi dan Prinsip-prinsip Pemberdayaan Sosial
Proses Pemberdayaan
Model-model Pemberdayaan Masyarakat Pesisir : PEMP


Tanggapan

  1. Saya tertarik dengan buku Pengantar Sosiologi Masyarakat Pesisir, Penulis Arif Satria. Dimana saya bisa mendapatkannya dengan cepat? trims

    • bisa hubungi PT Cidesindo saja, coba lacak di internet.

      • kita ga bisa dapetin bukunya karena alamat PT Cidesindo berubah-ubah jadi susuah mencarinya….ada yang taw?dimana saya bisa daptin bukunya

      • saya berkenang dengan buku pengantar sosiologi masyarakat pesisir….. ada no hp yang bisa untuk di hubungi… saya mau memesan..

  2. Saya senang antropolog, apalagi ketika ada kajian tentang pemberdayaan masyarakat, karena tujuan ini tidak lain hanyalah salah satu usaha pengemabangan dalam rangka mempercepat tercapainya tujuan nasional yaitu ingin meciptakan kemakmuran seluruh rakyat Indonesia. Dalam rangka itu, saya sebagai penulis juga sangat senang menulis tentang pemberdayaan masyarakat terpinggi/desa, salah satu dari buku yang pernah saya tulis, “menelusuri Masyarakat Desa; Pendekatan Sosiologi Budaya dalam Masyarakat Aceh”, maju terus sobat, jangan mundur, semoga saja berguna bagi bangsa ini!.

  3. assallam. susah sekali di Bengkulu mendapatkan buku tentang sosiologi masyarakat pesisir. Bagi kami mahasiswa sosiologi UNIB itu sangat butuh karena ada mata kuliah yang berhubungan. Saya sangat tertarik mempelajari kehidupan masyarakat pesisir.

  4. saya sedang mencari buku sosiologi masyarakat pesisir untuk referensi studi skripsi saya, di mana saya bisa dapatkan. di penerbitnya PT Cidesindo sudah pindah alamat tuh pak?bukan di kalibata lagi,,,,trima kasih

  5. Maaf, kebetulan saya juga kehilangan kontak, tapi nanti saya tanyakan dulu ke kawan saya yang punya hp bagian percetakan Cidesindo, tapi sepengetahuan saya, buku tersebut memang sudah lama tidak beredar

  6. dimana saya bisa dapatkan buku ini….saya sangat tertarik untuk mengoleksinya sebagai referensi / bacaan ? atau bisa cidesindo mengirimkan ke saya…semua biaya saya ganti ! ASAP

  7. gimana caranya agar gue bs dapatin materi tentang “Pengantar Sosial Masyarakat Pesisir”?

  8. buku tersebut saya pikir sudah tidak ada, tapi nanti saya carikan infonya ke penulisnya langsung

  9. pak arif satria,terima kasih atas bantuannya yang bersedia mencarikan alamat PT CIDESINDO, karena berdasarkan pegalaman saya.saya sudah mencarinya alamatnya di Kalibata, lalu ke pasar minggu dan PT CIDESINDO tetap saya tak bisa temukan dan katanya telah pindah yang sampai sekarang saya tidak tahu alamatnya, untuk itu say berharap banak keada bapak terima kasih

  10. Salam kenal pak, saya sedang mencari dan sangat tertarik untuk membeli buku ini. saya akan membeli dengan jumlah 12 buku. kalau saya bisa membeli melalui bapak saya sangat berterima kasih. atau bapak mau memberikan informasi mengenai buku tersebut dijual. saya tinggal lumayan jauh yaitu di Kepulauan Riau. dan saya pikir buku ini sangat tepat untuk dibaca di daerah pesisir seperti daerah saya. dan saya juga mahasiswa sosiologi. kiranya bapak dapat membalas melalui email saya. trims

  11. pak arif satria, saya minta tolong carikan alamat PT CIDESINDO, Saya perlu dengan buku Pengantar Sosiologi Masyarakat Pesisir, dan buku-buku lainnya yang bapak tulis.

  12. pak saya tertarik dengan buku itugimana mendownloadnya

  13. susah bgt nyari buku sos maritimm TAU!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • sosioloi masyarakat pesisir karangan Pak arif emang nampaknya sudah tidak ada dipasaran, saya harus tanyakan dulu ke beliau apakah boleh dicopy atau tidak.

  14. saya memiliki buku itu,,, namun sudah sobek dan hampir 30% tidak terbaca lg,,, jd sya juga butuh buku itu,,,mohon alamat PT CIDESINDO tu dapat didapat,,, trims,,,

  15. bukunya ada yg berhasil menemukan ga? saya butuh bgt buku ini buat bahan skripsi saya. kalo ada tolong bagi2 kabar ya…

    • Bukunya nampaknya dah beredar, sudah saya tanyakan langsung ke penulisnya

  16. kurang Pembagian pranata sosial,,tolong Di Masukan

  17. dapat buku Pengantar Sosiologi Masyarakat Pesisir dimana ya??? soalnya di makassar susah banget dapatinnya…..
    aq mw nyususn proposal tape perkendala literatur….
    cara belinya dari penerbit gimana ya….

  18. Maaf pak, apakah benar buku Sosiologi Masyakat Pesisir sudah beredar kembali? dan sudah ada dimana pak penjualan bukunya? Terima kasih jika bapak mau mengomentari pesan saya ini.

  19. salam hangat Pak Arif Satria….

    sebelumnya maaf klu agak sedikit merepot Pak Arif…
    jadi begini Pak arief, saya lg butuh makalah atau semacam laporan untuk Tugas saya mengenai Sosiologi Perikanan atau Sosiologi Masyarakat Pesisir….klu Bapa punya atau ada buku trsebut yg sdh di ketik atau dlm bentuk file word, tolong kirimkan ke email sy (yosepwetipo@gmail.com). saya sangat mengaharapkan bantuannya Pak Arif…sebelumnya terimakasih banyak…..salam hangat & sukses selalu…..di tunggu konfirm nya….SALAM

  20. Apa betul buku ini sudah diterbitkan ??
    kalau di makassar jual di mana?

    • buku ini sudah lama diterbitkan, tapi saya kontak penerbitnya nampaknya sudah habis, karena terbitan lama

  21. saya mahu memesan satu…. klu sudah ada beri tahu ya no hp saya 085359005629,,, trim’s


Tinggalkan komentar

Kategori