Oleh: ikanbijak | April 4, 2014

Membangun Suasana Kekeluargaan di Perusahaan

Pernah bekerja di bawah tekanan? Atau bekerja dimana hati dan fikiran tidak ada di tempat? Yang pasti, hasil kerjaannya dapat dipastikan buruk atau tidak sesuai yang diharapkan. Artinya, untuk menghasilkan produk yang berkualitas, maka kita harus sepenuh hati dan senang hati untuk mengerjakan apa yang kita kiya kerjakan. Hal ini sangat wajar, seekor sapi perah saja, akan menghasilkan susu yang banyak bila sang pemilik atau sang pemerah memberikan nama kepadanya dan memperlakukan sapi perah tersebut dengan sangat berperikehewanan. Setidaknya, itulah hasil periset Inggris yang mengungkapkan bahwa sapi yang diberi namaakan meningkatkan jumlah susunya sebesar 3,4 persen dibanding dengan sapi yang tidak diberi nama.

Untuk itu, dalam rangka menghasilkan produk yang berkualitas maka ciptakanlah suasana kerja yang nyaman dan saling memberikan motivasi, baik antara pimpinan dengan pekerja maupun antar sesama pekerja. Tentu saja, selain Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ketat dalam rangka menjaga mutu, maka penciptaan lingkungan kerja yang nyaman adalah salah satu upaya menjamin kualitas produk.

Hal ini sebagaimana yang dibangun oleh pabrik baru Sharp yang diberi nama Takumi Sharp Factory. Suasana kerja yang penuh motivasi dicerminkan dengan kalimat-kalimat filosofis dalam meningkatkan prestasi kerja, sebagaimana terpampang dalam papan informasi. Setidaknya terdapat 6 (enam) kalimat filosofis yang sangat menggugah, yaitu:

Pertama, hopefully today will be better than yesterday (semoga hari ini akan menjadi lebih baik dari hari kemarin). Artinya, segenap pihak yang berada di lingkungan kerja Takumi Sharp Factory senantiasa dipacu untuk bekerja lebih baik dari hari ke hari. Mengingat, kinerja hari kemarin harus menjadi patokan kerja untuk hari esok.

Kedua, maybe this is the first time I spoke in front of you (mungkin ini pertama kalinya saya berbicara di depan anda). Artinya, perintah atau tugas masing-masing individu cukup sekali disampaikan untuk kemudian diperhatikan dalam bekerja, sehingga tidak ada proses perintah yang berulang-ulang.

Ketiga, I am verry happy to be here with this team (saya sangat bahagia berada disini bersama tim ini). Artinya, maju atau mundurnya perusahaan bukan hanya milik segenap pimpinan, akan tetapi lebih dari itu, maju-mundurnya perusahaan adalah tanggung jawab segenap pihak yang berada di Takumi Sharp Factory. Dengan kata lain, kesalahan kecil pada setiap individu akan berdampak pada totalitas kinerja perusahaan, mengingat sistem kerja perusahaan adalah kebersamaan tim.

Keempat, because in here I am feeling togetherness, good cooperation, and high solidarity (karena disini saya merasakan kebersamaan, kerjasama yang baik, dan solidaritas yang tinggi). Artinya, “kebersamaan, kerjasama dan solidaritas” menjadi tiga kata kunci yang menjadikan sistem kerja di Takumi Sharp Factory tidak hanya mekanistik sebagaimana robot yang harus bekerja 24 jam. Mengingat, kualitas produk yang baik hanya akan dihasilkan dari totalitas kerja yang dibangun secara bersama-sama.

Kelima, and the most important is the feel of family among us (dan yang paling penting adalah rasa kekeluargaan diantara kita). Artinya, suasana kekeluargaanlah yang akan menciptakan suasana kerja yang nyaman. Oleh karena itu, Takumi Sharp Factory membangun suasana kerja layaknya sebuah keluarga yang dipenuhi cinta dan kasih sayang diantara para pihak yang bekerja di perusahaan tersebut.

Keenam, beacuse that’s all I am proud to be a part of this team (karena itu semua saya bangga menjadi bagian dari tim ini). Artinya, segenap para pihak yang berada di lingkungan Takumi Sharp Factory akan merasakan bangga yang luar. Suatu sikap positif yang baik dalam rangka membangun Takumi Sharp Factory.

Apabila kita gabungkan keenam kalimat filosofis tersebut, Bapak Jaya Wisnu sebagai perwakilan Takumi Sharp Factory mengharapkan suasana kerja yang penuh kekeluargaan karena dibangun oleh sikap kebersamaam, kerjasama dan solidaritas. Suasana kekeluargaan tersebut akan menjadi pijakan yang baik dalam mewujudkan kinerja yang baik dari hari ke hari. Akhir kata, tim yang baik yang dibangun dari pondasi kekeluargaan yang kokoh akan menghasilkan produk berkualitas, sehingga ini akan menciptakan rasa bangga dari segenap pihak Takumi Sharp Factory.Gambar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: