Oleh: ikanbijak | April 13, 2011

Sayembara Karya Tulis Prakarsa 2011 : “Strategi Pembiayaan MDGs 2015″

Sayembara Karya Tulis Prakarsa 2011 :

“Strategi Pembiayaan MDGs 2015″

Dalam rangka memfasilitasi pembelajaran, pertukaran pengetahuan dan mendorong inovasi kebijakan Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) serta pencapaiannya pada 2015, Perkumpulan Prakarsa menyelenggarakan Lomba Karya Ilmiah dengan tema “Pembiayaan MDGs Indonesia: Bagaimana Mencapai Target 2015?” . Sayembara ini merupakan rangkaian dari kegiatan Konferensi International Prakarsa 2011 yang akan diselenggarakan pada 15-16 Juni, 2011 di Jakarta. 10 (sepuluh) karya terbaik akan diterbitkan bersama paper lainnya dalam bentuk buku paska konferensi.

Ketentuan Lomba :

1 Peserta terbuka bagi khalayak umum, baik dari kalangan pemerintah, akademisi, jurnalis, mahasiswa dan seluruh lapisan masyarakat lainnya. Sayembara hanya diperuntukkan bagi perorangan, bukan kelompok.
2 Naskah karya tulis harus asli, bukan saduran, dan merupakan hasil pemikiran penulis yang belum pernah dipublikasikan di media massa manapun.
3 Judul bebas tetapi harus mengacu pada tema.
4 Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
5 Karya tulis harus mengikuti petunjuk penulisan yang ditetapkan panitia.
6 Peserta diwajibkan mengisi form registrasi dan pernyataan keaslian karya ilmiah (dapat di download di website)
7 Karya tulis harus disertai dengan biodata penulis, lengkap dengan alamat, telepon, rekening bank dan e-mail yang dapat dihubungi. Peserta diharuskan melampirkan biodata (Curriculum Vitae) lengkap.
8 Karya tulis dikirimkan dalam bentuk softcopy (file pdf dan MS word) beserta CV, form registrasi dan pernyataan keaslian naskah ke conference2011@theprakarsa.org paling lambat 16 Mei 2011, jam 16.00 WIB.
9 Sebagai tambahan informasi, beberapa contoh paper bisa dilihat disini
10 Untuk tambahan informasi bisa menghubungi panitia konferensi disini atau via e-mail : conference2011@theprakarsa.org

Petunjuk Penulisan:

1 Tulisan adalah karya orisinil, belum pernah dipublikasikan baik pada publikasi internal maupun eksternal serta memiliki kualitas untuk diterbitkan.
2 Tulisan diharapkan tidak melebihi 25 halaman (tidak termasuk lampiran), spasi 1, font Times New Roman ukuran 12 dan ukuran kertas A 4.
3 Tulisan disimpan dalam format Microsoft Word.
4 Setiap naskah harus disertai abstraksi, maksimal 200 kata. Untuk naskah yang ditulis dalam bahasa Inggris, abstraksi ditulis dalam bahasa Indonesia.
5 Naskah harus disertai dengan kata kunci (Keyword)
6 Penulisan karya tulis harus mengikuti garis besar sistematika sebagai berikut:

I. Latar Belakang
II. Landasan Teoritis (Literature Review)
III. Metodologi dan Data (Jika diperlukan)
IV. Analisis
V. Kesimpulan dan Rekomendasi Kebijakan
7 Penambahan judul bagian maupun sub bagian dari sistematika diatas dapat dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:

I. Bagian
I.1. Sub Bagian
I.1.1. Sub Sub Bagian
8 Tabel, grafik maupun gambar diinsert di teks, bukan di lampiran.
9 Rujukan dibuat dalam Parenthetical Reference.
Contoh:
…Oleh karenanya, pemerintah melalui Kementerian PPN/Bappenas akan memfasilitasi daerah-daerah yang dinilai tertinggal dan memiliki angka pertumbuhan yang jauh dibanding daerah lainnya.. (Bappenas, 2010)
…MDGs adalah program pembangunan yang telah menjadi komitmen berbagai negara di dunia ini yang dideklarasikan pada tahun 2000 untuk mencapai kehiduan yang lebih baik. (Zudianto, 2008, hal. 59).
10 Sistem referensi dibuat mengikuti aturan berikut:
1 Publikasi buku: McGillivray, Mark. (2008). Achieving The Millennium Development Goals. Hampshire : Palgrave Macmillan.
2 Artikel dalam jurnal: Hayman, Rachel. (2007). Are The MDGs Enough? Donor Perspectives and Recipient Visions of Education and Poverty Reduction in Rwanda. International Journal of Educational Development, p.371-382
3 Artikel dalam buku yang diedit orang lain: Vandemoortele, Jan dan Rathin Roy. (2004). “Making Sense of MDGs Costing”, dalam Cheru, Fantu dan Colin Bradford, eds., The Millennium Development Goals: Raising the Resources to Tackle World Poverty. New York : Palgrave Macmillan, hal. 44 – 55
4 Kertas kerja (working papers): Leipziger, Danny, Marianne Fay, Quentin Wodon, dan Tito Yepes. (2003). Achieving the Millennium Development Goals : The Role of Infrastructure. The World Bank. Working Paper No. 3163.
5 Mimeo dan karya tak dipublikasikan: Carlsson, Helene dan Cecilia Valdivieso. (2003). Gender Equality and the MDGs. Unpublished World Bank Discussion Paper.
6 Artikel dari situs WEB dan bentuk elektronik lainnya: Rao, Bhanoji dan Kallidaikurichi Easwar Seetharam. (2006). Strategic Thinking to Achieve Water MDGs. http://www.adb.org/Water/topics/mdgs/pdf/Strategic-Thinking-MDG.pdf
7 Artikel di Koran, majalah, dan periodicals sejenis: Octaria, Yessi Crosita. March 6, 2011. “Cheap Health Care for Female Workers to Meet MDGs”. The Jakarta Post.

Penentuan Pemenang:

1 Dewan Juri terdiri dari wakil Prakarsa, akademisi dan praktisi, yang menjadi Steering Committee Konferensi Internasional Prakarsa 2011.
2 Kriteria penjurian a.l. kesesuaian karya tulis yang dilakukan dengan topik yang dipilih, kaidah bahasa, kedalaman analisis, penguasaan masalah dan rekomendasi kebijakan.
3 Dewan juri akan mengundang 10 (sepuluh) paper terbaik untuk melakukan presentasi dalam Konferensi 2011.
4 Panitia akan menanggung biaya transportasi dan akomodasi bagi penulis terpilih yang diundang.
5 Keputusan Dewan Juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
6 Pemenang akan diumumkan melalui website Prakarsa. Selain itu pemenang juga akan dihubungi melalui e-mail, surat atau telepon.
7 Bagi paper terbaik, hak cipta karya tulis tetap merupakan milik penulis, namun Prakarsa berhak mempublikasikannya.

Formulir yang harus di download silahkan klik
Form Registrasi
Surat Pernyataan Keaslian

Sumber: http://theprakarsa.org/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: