Oleh: ikanbijak | Oktober 31, 2010

Jakartabeat Music Writing Contest I – 2010

Jakartabeat Music Writing Contest I – 2010
“Wajah Musik Indonesia”

Sejak era Bing Slamet yang membius para penggemar hingga era kelompok-kelompok indie yang menggebrak, musik Indonesia senantiasa menyajikan serpihan-serpihan fenomena yang memikat untuk dicatat.

Jakartabeat.net mengundang rekan-rekan mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mengikuti kompetisi menulis musik yang baru pertama kali diadakan ini, untuk turut memberi kontribusi pada peningkatan keragaman jurnalisme musik di Tanah Air, pun pada perkembangan musik Indonesia itu sendiri.

Apa yang bisa ditulis? Bisa tentang musisi, kelompok musik, perusahaan rekaman, album musik, produser, lirik lagu, radio yang mendedikasikan diri pada musik tertentu, komunitas fans genre tertentu, tentang toko musik/kaset/CD/piringan hitam legendaris di tempat Anda tinggal, komunitas indie di kota masing-masing, konser musik, hubungan politik dengan musik, dan lain-lain. Apa saja, sejauh terkait dengan musik Indonesia, dari seluruh ragam genre dan lintas waktu.

Jakartabeat Music Writing Contest I juga bertujuan mengembangkan jurnalisme musik Indonesia pada teritori baru, melampaui pemahaman dan praktik jurnalisme musik yang hanya menyampaikan facts dan who’s who.

Tulisan sedapat mungkin mengikuti gaya tulisan Jakartabeat.net yang menekankan penulisan esai/feature, mengekspresikan pengalaman dan kecintaan pada musik, serta segala aspeknya. Peserta dipersilakan mengeksplorasi tulisan-tulisan, tidak terbatas di rubrik musik, di http://www.jakartabeat.net

KETENTUAN LOMBA

Peserta akan mengirimkan dua file: file pertama adalah tulisan yang hendak diikutkan dalam lomba dan file kedua adalah curriculum vitae (CV).

Ketentuan Peserta
Mahasiswa program Strata 1 atau Diploma di kampus mana pun di Indonesia.

Ketentuan Penulisan Naskah

Tulisan diketik rapi, 1,5 spasi pada halaman kwarto, dengan font Times New Roman berukuran 11. Panjang tulisan minimal 5 halaman dan maksimal 8 halaman. Di pojok kiri atas, tuliskan nama dan nama kampus Anda. Setiap peserta hanya bisa mengirimkan satu naskah.

Ketentuan Penulisan CV

Maksimum panjang CV adalah 1 halaman kwarto. Tiga informasi utama yang harus dicantumkan adalah nama lengkap, data kelahiran, dan alamat lengkap. Sertakan informasi pengalaman organisasi mahasiswa dan pengalaman menulis di media apapun (bila sudah pernah, namun ini bukan syarat utama untuk ikut serta dalam Jakartabeat Music Writing Contest). Di bagian bawah CV, tuliskan komentar pendek satu atau dua paragraf yang memuat pandangan Anda tentang perkembangan jurnalisme musik di Indonesia. Cantumkan pula alamat blog pribadi Anda, bila ada.

Ketentuan Penamaan dan Pengiriman File

Kedua file diketik dengan program Microsoft Word Document dan disimpan dalam format rtf.

Nama file ditentukan sebagai berikut: nama Anda-“judul naskah” dan nama Anda-CV.

Contoh: Agus Lirboyo-“Iwan Fals: Kelahiran Baru Setelah Kematian Sang Anak” dan Agus Lirboyo-CV.

File dikirimkan via email, paling lambat diterima pada 5 Januari 2011, pukul 17.00 WIB.

Pada kolom subject email Anda, tuliskan “Jakartabeat Music Writing Contest I”. File dikirimkan ke alamat email: nuran@jakartabeat.net This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it dengan cc ke fakhri@jakartabeat.net This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Informasi lebih jauh bisa diperoleh melalui dua email di atas. Setelah pemenang diumumkan, tidak diadakan surat menyurat. Update lain mengenai kontes menulis ini selain melalui website juga bisa diikuti melalui twitter id: jakartabeat

Penghargaan

Tiga pemenang terbaik akan diumumkan di Jakartabeat.net pada 31 Januari 2011.

* Pemenang I memperoleh Rp 3 juta.
* pemenang II memperoleh Rp 2 juta.
* Pemenang III memperoleh Rp 1 juta.

Tiga pemenang juga akan bergabung menjadi kontributor Jakartabeat.net.

Seluruh naskah yang masuk menjadi milik redaksi Jakartabeat.net dan memiliki kemungkinan dimuat di Jakartabeat.net. Peserta yang naskahnya dimuat di Jakartabeat.net setelah lomba usai akan diberi tahu via e-mail.

Keputusan dewan juri adalah final dan tidak dapat diganggu-gugat.

Tentang Jakartabeat Music Writing Contest I

Jakartabeat Music Writing Contest I ini diselenggarakan untuk merayakan ulang tahun kedua Jakartabeat.net, online magazine tentang musik, buku, film dan ide-ide humaniora, yang jatuh pada 18 Januari 2011. Music Writing Contest direncanakan akan menjadi kegiatan rutin tahunan Jakartabeat.net.

Kompetisi ini diselenggarakan berkat kerja sama Jakartabeat.net dengan Yayasan Interseksi. Hingga hari ini, Jakartabeat.net adalah media online volunteer, di mana para kontributor menulis sukarela tanpa imbalan. Kecintaan pada musik dan music writing, minat pada ide-ide humaniora, dan dorongan berbagi adalah motivasi para kontributor Jakartabeat.net dalam menulis.

Yayasan Interseksi adalah yayasan non-profit yang memfokuskan diri pada kajian kultural dan hak minoritas di Indonesia. Di antara kegiatan Yayasan Interseksi adalah penelitian, penulisan buku, dan pembuatan film dokumenter bertema budaya. Lebih jauh mengenai Yayasan Interseksi: http://www.interseksi.org

Tentang Dewan Juri

Dewan juri Jakartabeat Music Writing Contest I terdiri dari empat orang,yang merupakan representasi empat wilayah: praktisi musik, jurnalis, akademisi, dan penulis lepas. Seluruh anggota dewan juri adalah kontributor Jakartabeat.net sendiri.

Anwar Holid adalah penulis beberapa buku, di antaranya Keep Your Hand Moving: Panduan Menulis, Mengedit dan Memolesnya yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama (2010). Ia bisa dijangkau di http://halamanganjil.blogspot.com/

Harlan Boer adalah mantan personel The Upstairs. Ia sekarang aktif sebagai produser Jangan Marah Records yang menaungi band-band indie seperti Bangkutaman. Ia juga manajer band Efek Rumah Kaca.

M. Taufiqurrahman adalah wartawan harian berbahasa Inggris The Jakarta Post dan rutin menulis tentang musik di sana. Taufiq ikut serta mendirikan Jakartabeat.net. Belum lama berlalu ia menyelesaikan studi pascasarjana di Department of Political Science, Northern Illinois University, Amerika Serikat.

Roby Muhamad adalah staf pengajar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Semasa SMA, menekuni musik blues. Ia menyelesaikan studi doktoral di Columbia University di New York pada 2010. Bidang keahliannya adalah social network. Roby pernah ikut serta sebagai anggota tim penelitian bertaraf global, The Small World Project, yang berpusat di Columbia University. Sila lihat Roby menjelaskan riset ini di CNN: (http://www.youtube.com/watch?v=V2biPHBGm3c)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: