Oleh: ikanbijak | Oktober 5, 2010

Kompetisi Esai “Indonesia Economic Outlook 2011 (IEO ‘11)

Kompetisi Esai “Indonesia Economic Outlook 2011 (IEO ‘11)”

Tahun 2010 merupakan tahun yang penting bagi perekonomian Indonesia maupun dunia karena banyaknya optimisme dan harapan dari berbagai kalangan baik bisnis maupun pemerintahan akan adanya perbaikan ekonomi pasca krisis global 2008-2009 lalu. Semua kalangan pelaku ekonomi tentunya mengharapkan adanya angin segar bagi perekonomian sehingga roda ekonomi dapat berjalan secara normal kembali. Banyak isu maupun kejadian di bidang keuangan maupun ekonomi yang terjadi selama 2010 baik dalam negeri, regional, maupun global. Pemberlakuan pasar bebas di Asia (ACFTA) merupakan salah satu contoh isu ekonomi yang ramai dibicarakan di awal tahun. Hal ini tentunya berdampak bagi perekonomian negara-negara Asia termasuk Indonesia terutama berpengaruh terhadap kinerja ekspor-impor, industri dalam negeri, iklim investasi, perdagangan antarnegara, dan sebagainya. Tidak hanya ACFTA, berbagai bentuk kerjasama dalam hal perdagangan telah dibentuk baik bilateral, regional, maupun multilateral seperti WTO. Implementasi perdagangan bebas secara global merupakan isu yang esensial dan tidak dapat terhindarkan dalam perekonomian.

Gejolak ekonomi dunia yang tidak pasti serta respon kinerja pasar keuangan global terhadap prospek perekonomian ke depannya akan sangat mempengaruhi kinerja perekonomian dunia termasuk Indonesia. Perekonomian dunia yang saat ini tengah memasuki masa recovery pasca krisis global tentunya memiliki dampak bagi perekonomian negara berkembang. Indonesia misalnya, selama 2010 tercatat bahwa pertumbuhan investasi relatif sangat baik karena adanya kecenderungan investor domestik maupun asing yang menanamkan modalnya di Indonesia karena menilai Indonesia sebagai salah satu tujuan investasi yang cukup menarik dan relatif lebih aman dibanding negara-negara yang sebelumnya terkena dampak yang parah akibat krisis global. Terlebih lagi dengan adanya fakta bahwa saat ini Indonesia telah berhasil memperoleh rating utang yang meningkat dari lembaga rating seperti Fitch dan S&P yang membuat langkah Indonesia untuk mencapai investment grade semakin dekat. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa perekonomian Indonesia ke depannya tidak hanya dipengaruhi keadaan ekonomi domestik tetapi juga akan sangat dipengaruhi oleh keadaan dan fluktuasi perekonomian global. Lebih lanjut, baik pemerintah maupun otoritas moneter harus mempunyai sensitivitas dan intuisi yang tepat dalam meresponi gejolak dan tantangan ekonomi global melalui mekanisme kebijakan yang dimilikinya.

Oleh karena itulah, Indonesia Economic Outlook 2011 akan mengangkat tema :

“Prospect and Challenges in Global Trade and Investment”

Bertujuan untuk membahas, merefleksikan perekonomian Indonesia selama 2010, dan membahas prospek dan tantangan bagi ekonomi Indonesia 2011 serta rancangan kebijakan ekonomi ke depannya.

PRE-EVENT INDONESIA ECONOMIC OUTLOOK 2011

Kompetisi Esai : Rekomendasi Kebijakan Ekonomi (1 Agustus hingga 22 November 2010)

Kompetisi esai rekomendasi kebijakan ini dilakukan dengan skala nasional untuk tingkat mahasiswa S1 sehingga diharapkan peserta kompetisi esai merupakan perwakilan mahasiswa dari universitas di seluruh Indonesia. Para peserta akan diwajibkan untuk membuat suatu esai ekonomi mengenai kondisi dan prospek perekonomian Indonesia dalam menghadapi tantangan ekonomi global.

Persyaratan Kompetisi Esai

1. Peserta terdiri dari perseorangan maupun maksimal berjumlah 2 orang per tim dan merupakan mahasiswa aktif S1 universitas di Indonesia
2. Esai ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia baku yang baik dan benar
3. Esai merupakan hasil karya orisinal (bukan hasil plagiat) dan belum pernah dipublikasikan di media manapun dan digunakan untuk kegiatan kompetisi sejenis lainnya
4. Para peserta diperbolehkan untuk dibimbing secara intensif oleh pihak yang dianggap peserta mampu membimbing mereka (esai harus tetap orisinal, bukan hasil plagiarisme).
5. Peserta wajib menyertakan sumber-sumber data dan kutipan yang digunakan dalam esai, baik berupa daftar pustaka maupun footnote (catatan kaki).

Kriteria Penilaian Esai

1. Pemilihan topik esai
2. Ketajaman analisa
3. Rasionalitas ide, inovasi, dan orisinalitas
4. Kelengkapan dan relevansi data, dasar teori, dan kemampuan argumentasi (menghubungkan masalah, teori dan data yang relevan, dan argumen yang kuat)
5. Sistematika penulisan dan pemikiran
6. Tata bahasa dan kerapian tulisan

Format Penulisan Esai

1. Esai harus diketik dengan huruf Times New Roman; ukuran huruf 12 dengan spasi 1,5; kertas ukuran
A4; dan ketentuan margin samping kanan, atas, dan bawah 3 cm dan margin samping kiri 4 cm.
2. Esai terdiri dari 3-5 halaman (tidak termasuk data berupa grafik dan tabel)
3. Tata cara penulisan esai dan pencantuman referensi (daftar pustaka dan catatan kaki) mengikuti kaidah EYD bahasa Indonesia yang baik dan benar dan sesuai dengan ketentuan penulisan akademik ilmiah
4. Esai dikirimkan dalam bentuk Microsoft Word (.doc atau .docx) maupun dalam bentuk .pdf melalui email Indonesia Economic Outlook 2011, kompetisiesai.ieo2011@gmail.com sebagai attachment dan akan mendapat konfirmasi dari panitia jika esai telah diterima
5. Esai akan diterima oleh panitia terakhir pada tanggal 31 Oktober 2010

Sifat dan Isi Tulisan

1. Logis dan Sistematis
Esai harus ditulis secara sistematis dan runut dimulai dari pemaparan dan latar belakang masalah, isi, dan kesimpulan. Isi esai juga harus logis (bila memungkinkan didasarkan atas teori keilmuan tertentu).
2. Objektif
Esai harus disertai data-data yang akurat (beserta sumbernya) dan dapat dipertanggungjawabkan. Esai juga tidak boleh ditulis berdasarkan emosional penulis dan tidak mengandung unsur-unsur SARA serta tidak subjektif dalam memandang permasalahan yang diangkat.
3. Orisinal
Esai harus orisinal dan bukan hasil plagiarisme (menjiplak karya orang lain). Setiap data harus dicantumkan sumber, informasi yang didapat dari berbagai media harus disertakan dalam footnote atau daftar pustaka.

Diskusi Pembuatan Esai Rekomendasi Kebijakan

10 tim terbaik berhak mengikuti babak kompetisi selanjutnya dan diundang untuk ikut serta dalam Diskusi Pembuatan Esai Rekomendasi Kebijakan yang akan dilaksanakan pada Selasa, 23 November 2010 di FEUI. Hasil diskusi tersebut akan menjadi output Indonesia Economic Outlook 2011 yang akan dipublikasikan dalam buku Indonesia Economic Outlook.

Hadiah
Juara I : Rp 2.000.000,00
Juara II : Rp 1.500.000,00
Juara III : Rp 1.000.000,00

PENDAFTARAN
KIRIMKAN ESSAY ANDA KE EMAIL KOMPETISIESAI.IEO2011@GMAIL.COM
BESERTA BUKTI PEMBAYARAN REGISTRASI SEBESAR RP 50.000/TIM KE REKENING BERIKUT:

ATAS NAMA
LISTYA DEWI KUSUMAWATI
BANK MANDIRI CABANG PEMBANTU UNIVERSITAS INDONESIA
NO. REKENING: 157-00-0214999-6

BUKTI PEMBAYARAN DAPAT DISCAN ATAU DIFOTO DAN DIKIRIMKAN BERSAMA DENGAN CV PESERTA PENGIRIMAN PALING LAMBAT HINGGA 31 OKTOBER 2010.

Sumber: http://kanopi-feui.blogspot.com/2010/08/call-for-essay-indonesia-economic.html


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: