Oleh: ikanbijak | Oktober 4, 2010

Lomba Membuat Social Business-plan (National Student Contest Overview)

Lomba Membuat Social Business-plan (National Student Contest Overview)

Global Warming, kemiskinan, gizi buruk, dan pengangguran merupakan sedikit dari ribuan permasalahan bangsa bahkan dunia ini. Dipelopori oleh Rosabeth Moss Kanter, Daniel Bell, Bill Drayton, dan dipopulerkan oleh Muhammad Yunus melalui bisnis sosialnya, Grameen Bank, konsepsocial entrepreneurship berkembang dan menjadi harapan baru sekaligus jawaban bagaimana mengintegrasikan Profit, People, danPlanet sebagai tujuan bisnis yang berkelanjutan.

ME 2010 berusaha mewadahi pengembangan konsep social entrepreneur melalui sebuah Social Business-plan Competitionsebagai perwujudan dari social entrepreneurship. Peserta kompetisi ini akan melatih kepekaanya terhadap permasalahan sosial yang ada, mengeksplorasinya, dan kemudian membangun sebuah perencanaan bisnis sosial yang tidak hanya feasible dan sustainable, namun juga efektif menyelesaikan masalah tersebut. Peserta kompetisi kemudian akan mempresentasikan konsep bisnis sosialnya baik secara formal kepada juri maupun secara visual melalui foto dan film dokumenter melalui sebuah ajang pameran yang menarik. Dari kompetisi dan pameran ini diharapkan melahirkan ide-ide bisnis sosial terbaik sekaligus menciptakan social awareness masyarakat pada umumnya dan akademisi pada khususnya.

Penyelenggaraan
Secara teknis acara ini disusun dalam beberapa tahap :

* Pre-event

Kami menyadari, bahwa social entrepreneurship dan social business merupakan konsep yang masih baru sehingga diperlukan edukasi bagi para mahasiswa untuk akhirnya dapat ikut tergerak untuk berpartisipasi. Pre-event merupakan acara untuk mengenalkan social entrepreneurship sekaligus sebagai bentuk pemasaran kami dalam memasarkan kompetisi ini. Acara ini berbentuk mini talk-show tentang social entrepreneurship serta social business.

* Pre-eliminary Round

Pada tahap ini dimulailah kompetisi social business plan. Peserta harus mencari masalah sosial yang ada lalu membangun sebuah konsep social business berbentuk business plan. Selanjutnya, peserta akan mengirimkan proposal business plannya yang kemudian akan dipilih lima bisnis terbaik yang masuk ke tahap selanjutnya.

* Final Round

Lima tim dengan business plan terbaik kemudian harus mempresentasikan business plan nya dihadapan juri yang kompeten untuk dipilih tiga juara untuk dianugerahi gelar Young Social Entrepreneur 2010.

* Exhibition

Peserta NSC selain membuat business plan, diharuskan juga untuk membuat portofolio foto mengenai masalah sosial yang diangkatnya serta potensi untuk mengatasinya. Untuk lima tim terbaik diharuskan untuk juga membuat short documenter video. Video maupun foto ini kemudian akan dipamerkan melalui sebuah exhibition bertajuk Social Entrepreneurship Exhibition 2010 .

Tahapan Lomba
Waktu dan tempat

1. Preliminary Round

Tanggal : 23 September – 27 Oktober 2010

Pendafataran dan Pengumpulan : 23 September – 20 Oktober 2010

Pengumuman finalis : 27 Oktober 2010

Keterangan : Pendaftaran akan dilakukan secara online

2. Final Round

Hari : Minggu

Tanggal : 7 November 2010

Pukul : 08.00 – 15.30

Tempat : Ruang Audio Visual, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

3. Exhibition

Hari : Kamis – Jumat

Tanggal : 4 – 5 November 2010

Pukul : 08.00 – 17.00

Tempat : Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Info lebig lanjut klik http://management-event.feb.ugm.ac.id/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: