Oleh: ikanbijak | April 23, 2010

LOMBA PIRANTI CERDAS

LOMBA PIRANTI CERDAS

# TUJUAN DAN LINGKUP KONTES

Lomba Piranti Cerdas adalah kompetisi hasil-hasil karya penelitian ilmiah atau rekayasa pada keilmuan teknik elektro yang bertujuan untuk mendorong dihasilkannya karya-karya penelitian inovatif yang mengintegrasikan aspek-aspek desain, dari desain sistem hingga perangkat, metodologi dan implementasi. Topik-topik yang tercakup dalam lingkup Lomba Piranti Cerdas meliputi tiga bidang rekayasa :

1. Automation Electronics Design
Hasil desain yang dikompetisikan dari bidang automation electronics design meliputi desain-desain analog dan digital, programmable circuits and system yang ditujukan untuk mendukung sistem automation.

Bidang-bidang otomasi: Automation in Life Sciences & Laboratory Automation, Construction Automation, Distributed Control Systems, Health Care Delivery Engineering, Hybrid and Discrete-Event Systems, Information-Based Manufacturing, Internet Analytics and Automation, Manufacturing Systems, Networked Industrial Automation, Planning, Scheduling, and Coordination, Reconfigurable Automation Systems, RFID Application, Sensors Instrumentation and Measurement, Sensor Networks and Fusion, Service/Office/Home Automation, Run-Book Automation, Supply Chain, Logistics, and Transportation, System Modeling and Simulation, Vision in Automation, Wireless Automation, Remote Control Systems, Semiconductor Manufacturing, Automation/Assembly for Micro/Nano Technologies.

Perangkat-perangkat otomasi yang dapat digunakan: ANN – Artificial Neural Network, DCS – Distributed Control System, HMI – Human Machine Interface, LIMS – Laboratory Information Management System, MES – Manufacturing Execution System, PAC – Programmable automation controller, PLC – Programmable Logic Controller, SCADA – Supervisory Control and Data Acquisition, Fieldbus, Simulation.

Hasil desain yang dikompetisikan dapat direalisasi dalam bentuk: integrated circuits (ICs), systems on chips (SoCs), reconfigurable processors, platform-based atau embedded systems designs.

Hasil desain yang dikompetisikan bisa bersifat: operational (desain IC telah dibangun dan diuji), system design (FPGA atau programmable architectures lainnya), conceptual (desain yang telah disimulasikan tetapi belum diimplementasikan).

2. Acoustic, Speech, and Signal Processing
Hasil desain yang dikompetisikan dari bidang Acoustic, Speech, and Signal Processing yang terkait dengan area-area berikut: Signal Processing Theory and Methods, Audio and Electroacoustics, Speech and Spoken Language Processing, Image and Multidimensional Signal Processing, Signal Processing for Communication, Sensor, Array and Multichannel Signal Processing, Design and Implementation of Signal Processing Systems, Machine Learning for Signal Processing, Bio Imaging and Signal Processing.

3. Antenna and Propagation
Hasil desain yang dikompetisikan dari bidang antenna and propagation mencakup topik-topik yang terkait dengan area-area berikut:
1. Antennas and Related Topics : Microstrip and Printed Antennas, Millimeter Wave and Sub-Millimeter Wave Antennas, Active and Integrated Antennas, Reflector/Lens Antennas and Feeds, Array Antennas, Phased Arrays and Feeding Circuits, Optical Technology in Antennas, Small Antennas, Mobile and Base Station Antennas, Adaptive and Smart Antennas, Antenna Measurements, Multiband/wideband Antennas, Slot Antennas.
2. Propagation and Related Topics : Mobile and Indoor Propagation, Remote Sensing, Mobile Channel Characterization and Modeling, SAR Polarimetry and Interferometry, Millimeter and Optical Wave Propagation, Ionospheric Propagation, Earth-Space and Terrestrial Propagation, Radio Astronomy
3. Systems and Other Related Topics : Biological Effects and Medical Applications, Subsurface Sensing High Power Microwave Applications, EMC/EMI Simulations and Measurements, Advanced Materials for EM Applications, Chip Level Electromagnetic Phenomena – Interconnection and Packaging, UWB and Impulse Radio RFID and Applications, Ubiquitous Network Systems, Satellite Communication Systems, Radio Technologies for Intelligent Transportation Systems.
4. Electromagnetic Wave Theories : Complex/Artificial Media and Metamaterials, Scattering and Diffraction, Computational Electromagnetic, Wave Guiding Structures, Theoretical Electromagnetic and Analytical Methods, Periodic and Band-Gap Structures, High-Frequency Techniques, Time Domain Techniques, Inverse Problems, Microwave Circuits, Random Media and Rough Surfaces.

# BENTUK KOMPETISI DAN TANGGAL – TANGGAL PENTING

1. Kompetisi dilaksanakan berdasarkan penilaian makalah yang siap dipublikasikan, yang didasarkan pada pemodelan atau hasil perancangan yang telah disimulasikan, atau prototipe perangkat yang telah diuji.
2. Tim peserta yang berminat mengikuti Lomba Piranti Cerdas diwajibkan melaksanakan pendaftaran pada tanggal 1 April – 30 Juli 2010 secara online melalui situs http://gemastik.its.ac.id untuk meregistrasikan data diri tim peserta.
3. Tim peserta Lomba Piranti Cerdas diwajibkan mengirimkan proposal makalahnya secara online, sekurang-kurangnya dalam bentuk extended abstract pada tanggal 1 April – 30 Juli 2010 untuk dilakukan penjurian babak penyisihan.
4. Saringan penyisihan tim kontestan yang akan dinyatakan lolos pada babak final dilaksanakan oleh juri selama masa penjurian tanggal 31 Juli– 16 Agustus 2010, berdasarkan penilaian in absentia terhadap proposal makalah.
5. Lomba Piranti Cerdas akan menghadirkan 15 (lima belas) tim kontestan yang dinyatakan lolos babak final yang diumumkan pada tanggal 20 Agustus 2010.
6. Tim peserta yang dinyatakan lolos ke babak final diberi kesempatan untuk menyelesaikan implementasi/realisasi perangkat peraga karya ilmiahnya dan menyempurnakan makalahnya, untuk kemudian makalah versi terakhir dari tim peserta babak final tersebut harus dikirimkan secara online paling lambat pada tanggal 2 Oktober 2010.
7. Konformasi kehadiran tim peserta babak final pada babak final geMasTIK III-2010 didaftarkan secara online pada tanggal 5 September – 1 Oktober 2010.
8. Penilaian terhadap karya ilmiah dari tim peserta pada babak final dilaksanakan pada puncak acara geMasTIK III-2010 pada tanggal 6 – 7 Oktober 2010 dengan menampilkan versi terakhir makalahnya, melaksakan presentasi dan memperagakan hasil implementasi rancangan karya ilmiahnya di hadapan dewan juri babak final Lomba Piranti Cerdas.
9. Dari penjurian babak final akan ditentukan tiga tim peserta terbaik sebagai Pemenang I, II, dan III Lomba Piranti Cerdas yang akan diumumkan pada upacara penutupan geMasTIK III-2010 pada tanggal 7 Oktober 2010.

# SYARAT KARYA YANG DIKOMPETISIKAN

Persyaratan karya yang diikutsertakan dalam Lomba Piranti Cerdas meliputi ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

1. Karya penelitian / pengembangan memiliki kesesuaian pada salah satu lingkup topik yang dikompetisikan.
2. Karya penelitian/pengembangan belum pernah dipublikasikan dan dikompetisikan dalam kontes lain.
3. Karya penelitian / pengembangan dapat mengikutsertakan proyek akhir atau tugas akhir yang terkait dengan kegiatan akademik kurikuler pada program studi D3 atau S1 yang diikuti oleh para anggota tim kontestan.
4. Karya yang diikutsertakan dalam kontes dapat merupakan hasil dari kegiatan yang sudah berjalan proses penelitian / pengembangan-nya.

# SYARAT PESERTA KOMPETISI

Persyaratan peserta Lomba Piranti Cerdas adalah sebagai berikut:

1. Peserta Lomba Piranti Cerdas adalah tim kontestan yang merupakan sekelompok mahasiswa peserta kontes beserta pembimbing tim.
2. Ketua Tim adalah mahasiswa program studi S1 atau D3 yang belum lulus / masih aktif, ditunjukkan dengan Kartu Tanda Mahasiswa yang masih berlaku, yang akan tercantum sebagai penulis pertama pada paper dan laporan penelitian / pengembangan.
3. Anggota tim terdiri mahasiswa program studi S1 atau D3 yang belum lulus / masih aktif, ditunjukkan dengan Kartu Tanda Mahasiswa yang masih berlaku.
4. Pembimbing Tim adalah dosen / staf pengajar yang ditugaskan oleh institusi.
5. Jumlah anggota tim kontestan beserta ketua tim dan pembimbingnya terdiri dari 3 – 5 orang.
6. Dalam tim kontestan terdapat pembagian tugas yang jelas untuk semua anggota, sesuai dengan keahliannya / penguasaannya.

# TAHAP – TAHAP KOMPETISI

Kompetisi Lomba Piranti Cerdas terdiri dari dua babak :

1. Babak Penyisihan :
1. Babak Penyisihan dilaksanakan secara in absentia melalui sidang penilaian oleh panel juri terhadap karya-karya penelitian / pengembangan yang diusulkan melalui proposal pada kelengkapan pendaftaran.
2. Dari Babak Penyisihan akan dihasilkan 15 (lima belas) karya terbaik yang akan diundang dalam Smartware Contest untuk mengikuti babak kompetisi selanjutnya, yaitu Babak Final Smartware Contest.
2. Babak Final :
1. Babak Final Smartware Contest adalah presentasi pleno lintas disiplin yang mengkompetisikan 15 karya terbaik dari Babak Penyisihan.
2. Tim kontestan Babak Final Smartware Contest melaksanakan presentasi di hadapan panel juri lintas disiplin dari seluruh kategori kontest.
3. Dari Babak Final Piranti Cerdas akan diputuskan para Pemenang I, II, dan III Lomba Piranti Cerdas.

# PERSYARATAN PENDAFTARAN TIAP TAHAP KOMPETISI

1. Dalam masa pendaftaran pada tanggal 1 April – 30 Juli 2010 ketua tim kontestan mengirimkan data pendaftaran yang terdiri dari :
1. Identitas tim kontestan, memuat nama tim dan asal perguruan tinggi dengan 1 orang ketua tim, 2 orang anggota, dan 1 orang dosen pembina, berikut data alamat email, nomor telepon, dan jenis kelamin.
2. Judul karya yang akan dikompetisikan.
3. Pengiriman data dilakukan secara on-line
4. Sebelum proses pendaftaran tim kontestan / pemakalah, masing-masing peserta harus mendaftarkan diri secara personal untuk mendapatkan fasilitas login yang dikirimkan melalui email.
2. Dalam masa pengiriman proposal pada tanggal 1 April – 30 Juli 2010 tim kontestan mengirimkan berkas-berkas:
1. Proposal kontes, yang sekurang-kurangnya berisi: judul, abstrak, latar belakang, tujuan penelitian/pengembangan, lingkup karya penelitian/ pengembangan, laporan ringkas hasil awal/sementara dari kegiatan penelitian/pengembangan yang telah dilakukan jika sudah ada, atau yang diinginkan jika belum ada.
2. Pengantar dari institusi, minimal dari Wakil Rektor/Ketua/Direktur Bidang Kemahasiswaan.
3. Pernyataan karya penelitian/pengembangan belum pernah dipublikasikan dan diikutsertakan dalam kontes lain.
4. Berkas-berkas dikirimkan dalam format PDF, di-upload melalui melalui situs.
3. Makalah final tim kontestan yang lolos ke babak final wajib dikirimkan paling lambat pada tanggal 2 Oktober 2010, yaitu terdiri dari :
1. Makalah versi final dalam format PDF yang sekurang-kurangnya berisi: judul, abstrak, latar belakang, tujuan penelitian / pengembangan, lingkup karya penelitian/ pengembangan, laporan lengkap hasil awal / sementara dari kegiatan penelitian/pengembangan yang telah dilakukan.
2. Materi presentasi makalah final dalam format PPT (Power Point).
3. Berkas-berkas dikirimkan dalam format PDF, di-upload melalui melalui situs.
4. Tim kontestan finalis diwajibkan menyampaikan secara online konfirmasi kehadirannya dalam acara puncak geMasTIK di Kampus ITS Surabaya.

# MEKANISME DAN KRITERIA PENILAIAN

Lihat tabelnya di

sumber: http://www.gemastik.its.ac.id/index.php/article/home/lomba_piranti_cerdas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: