Oleh: ikanbijak | April 23, 2010

LOMBA PENGEMBANGAN PERMAINAN

LOMBA PENGEMBANGAN PERMAINAN

# TUJUAN DAN LINGKUP LOMBA

Lomba Pengembangan Game di geMasTIK adalah adu inovasi pembuatan eduGame berskala nasional di bidang pembelajaran fisika dan matematika. Materi Fisika dan Matematika yang dimaksud pada eduGame ini adalah materi yang mendukung pembelajaran matematika dan fisika yang diajarkan pada kurikulum pendidikan nasional tingkat minimal SLTP atau yang sederajat. Adapun tujuan dari pelaksanaan Lomba Pengembangan Game adalah sebagai berikut:

1. Menanamkan kecintaan dan pemahaman terhadap matematika dan fisika melalui pembuatan eduGame bertema petualangan dengan matematika dan fisika.
2. Mendukung program mencerdaskan kehidupan bangsa.
3. Memajukan teknologi game di Indonesia.
4. Menjadikan Indonesia sebagai game developer berskala Internasional.

# BENTUK KOMPETISI DAN TANGGAL – TANGGAL PENTING

Beberapa tahapan yang akan dilalui pada kontes ini adalah:
Kegiatan Tanggal
– Pendaftaran dan pengiriman proposal 1 April – 30 Juli 2010
– Pengumuman hasil kelayakan (semi final) 10 Agustus 2010
– Pengiriman prototipe game 10 – 25 Agustus 2010
– Pengumuan finalis (top 15) 2 September 2010
– Babak final 6 – 7 Oktober 2010

# SYARAT KARYA YANG DIKOMPETISIKAN

Persyaratan karya yang diikutsertakan dalam Lomba Pengembangan Game meliputi ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

1. Karya game harus mengikuti tema yang diangkat yakni Belajar Matematika dan Fisika dengan menyenangkan melalui game edukasi.
2. Karya game yang diikutsertakan dalam kontes ini adalah karya asli masing-masing tim peserta yang belum dipublikasikan pada even sejenis di tingkat nasional dan belum dikomersialkan.
3. Game yang dikembangkan adalah game PC, yang dapat berjalan pada platform yang disebutkan dalam proposal.
4. Ide game yang dikembangkan adalah asli dari peserta, atau salah satu peserta. Seluruh proses pembangunan game, dari pembangunan proposal hingga final dilakukan oleh peserta dibuktikan dengan presentasi saat final, serta surat pernyataan keaslian ide dan hasil. Jika dikemudian hari ada pihak yang menuntut atas ide game yang dilombakan, maka hak juara (jika berhasil menjadi juara) akan dicabut oleh panitia, peserta/institusi pemenang wajib mengembalikan hadiah, trofi, dan sertifikat yang diberikan oleh panitia.
5. Karya game yang diikutsertakan dalam kontes ini belum pernah memenangkan kejuaraan (juara I, II atau III) pada kompetisi game serupa di tingkat nasional dan/atau internasional. Peserta diwajibkan mengisi surat pernyataan atas syarat ini, dan apabila di kemudian hari ditemukan game yang diikutsertakan tidak memenuhi persyaratan ini, maka hak juara (jika berhasil menjadi juara) akan dicabut panitia, peserta/institusi pemenang wajib mengembalikan hadiah, trofi, dan sertifikat yang diberikan oleh panitia.
6. Peserta yang memasuki tahap final diharuskan untuk mengujicobakan karyanya kepada siswa SLTP atau target terlebih dahulu minimal 10 siswa. Hasil ujicoba / test tersebut disajikan dalam bentuk laporan dan foto kegiatan.

# SYARAT PESERTA KOMPETISI

Persyaratan peserta Lomba Piranti Cerdas adalah sebagai berikut:

1. Peserta kontes Membangun eduGame Matematika Fisika adalah mahasiswa aktif semua jurusan pada perguruan tinggi di seluruh Indonesia, dengan dibuktikan dengan identitas KTM yang masih berlaku pada saat final berlangsung.
2. Peserta dapat mengikuti kontes ini dalam kelompok beranggotakan 3-5 orang, dengan satu orang ditunjuk sebagai ketua kelompok.
3. Peserta menunjuk satu orang dosen Pembina, yang bertugas mengawasi kegiatan pembangunan game di kontes ini.

# PERSYARATAN PENDAFTARAN TIAP TAHAP KOMPETISI

1. Pengiriman Proposal
Pengiriman proposal dilakukan pada tanggal 1 April – 30 Juli 2010. Proposal yang dikirimkan harus mencantumkan poin:
1. Nama game yang dibangun
2. Nama dan anggota kelompok, serta asal PT
3. Abstraksi dari game
4. Skenario dan tujuan game
5. Target pengguna game, meliputi gender, usia, pendidikan dan aspek lain
6. Deskripsi teknologi yang digunakan (bahasa pemrograman, game engine, sistem operasi, teknologi jaringan, dan sebagainya)
7. Game play, cara permainan dan desain level
2. Proposal dari tim yang dianggap layak akan diumumkan pada tanggal 10 Agustus 2010 melalui situs http://gemastik.its.ac.id. Tim-tim yang dianggap layak kemudian akan diperkenankan untuk melanjutkan tahap pembangunan prototype game.
3. Pengiriman Prototype Game
Prototype game digunakan untuk menentukan game-game mana yang layak untuk melanjutkan tahap final. Prototype dikirimkan dengan mencantumkan:
1. File-file instalasi dan file dependentsi yang disatukan ke DVD atau CD ke pihak panita (paling lambat tanggal 10 – 20 Agustus 2010).
2. Game yang dikirim minimal 1 level.
3. Petunjuk instalasi, dan petunjuk memainkan diikutsertakan pada DVD/CD yang dikirimkan.
4. Pada DVD/CD juga disertakan video demo dari hasil running program.
4. Pengumuman Finalis
Pengumuman finalis akan dilakukan pada tanggal 2 September 2010 melalui website http://gemastik.its.ac.id dan http://www.gemastik.com.
5. Para peserta yang berhasil memasuki tahap final diminta membuat aplikasi game hingga selesai, dan mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan lain pada babak final dan eksebisi. Selain itu, karya yang dibuat harus diujicobakan terlebih dahulu kepada siswa SLTP minimal 10 siswa. Laporan hasil ujicoba disertakan dalam final.
6. Final dan eksibisi game
Final diadakan di ITS Surabaya pada tanggal 6-7 Oktober 2010 Peserta final akan dilakukan dengan cara:
1. Presentasi (15 Tim @ 40 menit) ke dewan juri tanggal 6 – 7 Oktober 2010

# MEKANISME DAN KRITERIA PENILAIAN

1. Tahap penilaian dan pengumuman keaslian dan kelayakan ide proposal Beberapa aspek yang dinilai pada tahap ini antara lain:
1. Originalitas ide.
2. Desain skenario, level dan immersive.
3. Tingkat materi edukasi Matematika dan Fisika yang diajarkan.
4. Deskripsi teknologi yang digunakan (bahasa pemrograman, game engine, sistem operasi, teknologi jaringan dan sebaginya)
2. Tahap penilaian prototype game
1. Kesesuaian proposal dan prototype.
2. Runnable game.
3. Kelengkapan file/data.
3. Tahap penilaian final dan eksibisi
1. Presentasi, poster.
2. Originalitas ide skenario dan tingkat alamiah game.
3. Tingkat materi edukasi Matematika dan Fisika yang diajarkan.
4. Tingkat kemudahan: mudah dijalankan / install, mudah dimengerti, mudah digunakan.
5. Tingkat kemenarikan game: music / sound effect, grafis, 3D.
6. Tingkat tantangan game: level design, artificial intellegency, multiplayer.
7. Tingkat replayable game: variasi, multiending, background story.
8. Deskripsi teknologi yang digunakan (bahasa pemrograman, game engine, sistem operasi, teknologi jaringan dan sebaginya).

sumber: http://www.gemastik.its.ac.id/index.php/article/home/lomba_pengembangan_permainan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: