Oleh: ikanbijak | April 23, 2010

LOMBA KEAMANAN JARINGAN

LOMBA KEAMANAN JARINGAN

# TUJUAN DAN LINGKUP LOMBA

Lomba Keamanan Jaringan merupakan lomba yang menguji kemampuan peserta dalam hal pengamanan sistem komputer. Peserta akan berlomba dengan peserta lain dalam kemampuan mengkonfigurasi sistem yang aman dan tahan terhadap serangan, juga kemampuan dalam mengidentifikasi dan memanfaatkan kelemahan sistem lawan.

# BENTUK KOMPETISI DAN TANGGAL – TANGGAL PENTING

1. Lomba dilakukan berdasarkan hasil penilaian panitia atas hasil yang dicapai peserta dalam mengikuti tahapan-tahapan lomba yang meliputi babak penyisihan dan babak final.
2. Tahapan lomba meliputi:
1. Babak penyisihan.
Dalam babak penyisihan ini peserta akan diuji kemampuannya dalam mengikuti lomba yang dilakukan secara online yang meliputi dua jenis:
* Online test
Peserta menjawab pertanyaan atau menyelesaikan kasus yang terkait dengan keamanan komputer.
* Online hacking
Peserta diuji kemampuannya dalam mengidentifikasi dan memanfaatkan celah keamanan suatu sistem. Panitia akan menyediakan server yang akan diserang oleh peserta. Peserta yang berhasil menyusup atau masuk ke sistem dan mengambil informasi akan mendapatkan poin.
2. Babak final.
Dalam babak final peserta akan diuji kemampuannya secara onsite, yang terdiri dari dua jenis lomba:
* Konfigurasi sistem
Panitia menyediakan komputer yang harus diinstalasi dari awal oleh peserta sebagai server untuk menyediakan layanan tertentu. Peserta harus membuat sistem yang diinstalasi bisa berfungsi seperti yang dipersyaratkan, dan diiringi dengan konfigurasi keamanan yang kuat sehingga sistem tahan terhadap serangan keamanan.
* Hacking
Server yang sudah diinstalasi dan dikonfigurasi sebelumnya akan diserang oleh peserta lain. Peserta yang berhasil masuk ke sistem lawan (peserta lain) akan mendapat poin.
3. Tim peserta yang berminat mengikuti lomba ini diwajibkan mendaftarkan diri data peserta timnya melalui alamat melalui situs http://gemastik.its.ac.id dari tanggal 25 Maret – 3 Juni 2010 secara online.
4. Tim peserta diwajibkan mengikuti babak penyisihan yang akan dilakukan pada tanggal 29 Juni – 11 Juli 2010.
5. Panitia akan melakukan penjurian hasil babak penyisihan dan mengumumkan hasilnya pada tanggal 20 Juli 2010. Enam belas (16) tim yang menduduki ranking atas akan dipanggil untuk mengikuti babak final.
6. Konfirmasi kehadiran tim peserta pada babak final dilaksakan secara online pada tanggal 2 September – 2 Oktober 2010 melalui halaman masing – masing tim.
7. Panitia akan melakukan penjurian babak final yang meliputi tahap konfigurasi pada tanggal 6 Oktober 2010 dan tahap penyerangan pada tanggal 7 Oktober 2010 dan menentukan tiga tim peserta terbaik I, II dan III lomba keamanan jaringan yang akan diumumkan pada penutupan geMasTIK-III/2010 pada tanggal 7 Oktober 2010.

# SYARAT PESERTA KOMPETISI

1. Peserta lomba keamanan jaringan adalah tim lomba yang merupakan sekelompok mahasiswa.
2. Ketua tim dan anggota tim adalah mahasiswa program S1 atau D3 yang belum lulus yang ditunjukkan dengan Kartu Mahasiswa yang masih berlaku.
3. Jumlah anggota tim beserta ketua tim maksimal 3 orang.

# PERSYARATAN PENDAFTARAN TIAP TAHAP KOMPETISI

1. Dalam masa pendaftaran tanggal 4 April – 3 Juni 2010 ketua tim mendaftarkan data-data tim antara lain:
1. Nama tim
2. Perguruan tinggi
3. Dua (2) anggota tim
2. dikirimkan melalui situs melalui situs http://gemastik.its.ac.id Tim yang diundang untuk babak final wajib melakukan konfirmasi kehadiran di babak final mulai tanggal 2 September 2010 – 2 Oktober 2010 melalui halaman masing – masing tim.

# MEKANISME DAN KRITERIA PENILAIAN

Kriteria penilaian/penjurian pada masing-masing tahap lomba :

1. Babak Penyisihan
1. Soal teori
Setiap soal yang dijawab dengan benar akan mendapat 1 (satu) poin.
2. Online hacking
Setiap tim yang berhasil mendapatkan 1 (satu) security hole dari server yang disediakan, yang dibuktikan dengan screenshoot, berkas atau bukti lain yang relevan yang diunggah ke sistem informasi lomba, akan mendapat 1 (satu) poin.
2. Babak Final
1. Konfigurasi/Instalasi Sistem
Tim yang berhasil menginstalasi sistem dengan ketentuan panitia, dalam waktu yang disediakan akan mendapat 1 (satu) poin.
2. Penyerangan
Tim yang berhasil menguasai sistem tim lain akan mendapat 1 (satu) poin.
3. Pemenang diambil berdasarkan perolehan poin.

sumber: http://www.gemastik.its.ac.id/index.php/article/home/lomba_keamanan_jaringan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: