Oleh: ikanbijak | April 23, 2010

LOMBA DESAIN WEB

LOMBA DESAIN WEB

* TUJUAN DAN LINGKUP LOMBA

Lomba desain situs-web di Gemastik-III 2010 merupakan lomba yang menguji kemampuan mahasiswa dalam mendesain dan mengimplementasikan ide, kreativitas dan solusi dalam membangun situs-web. Pada Gemastik-III 2010, domain permasalahan adalah pada organisasi kemahasiswaan di Indonesia. Organisasi Kemahasiswaan yang dimaksud adalah organisasi kemahasiswaan di tingkat jurusan, tingkat Fakultas, tingkat Perguruan Tinggi, ataupun di tingkat Nasional. Organisasi yang dimaksud adalah Himpunan Mahasiswa Jurusan, Badan Eksekutif Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa, dan Organisasi Mahasiswa Sejenis (Jurusan/Fakultas yang sejenis) tingkat Nasional.

Tujuan dari kontes desain situs-web ini adalah:
1. Memasyarakatkan ketrampilan desain situs-web di Indonesia
2. Menjadikan mahasiswa Indonesia sebagai web developer berskala internasional

* BENTUK KOMPETISI DAN TANGGAL – TANGGAL PENTING

1. Lomba dilaksanakan berdasarkan penilaian terhadap dokumen perancangan web (konfigurasi sistem, site map, disain antar muka, disain database jika menggunakan) dan hasil implementasi.
2. Tim peserta yang berminat mengikuti Lomba Disain Situs-Web diwajibkan melaksanakan pendaftaran secara on-line melalui situs melalui situs http://gemastik.its.ac.id untuk meregistrasikan data diri tim peserta serta mengisi abstrak situs-web yang akan dibuat.
3. Berikut adalah beberapa tahapan seleksi yang akan dilalui oleh peserta:
Tahap Perlombaan Waktu (tahun 2010)
Pendaftaran 1 April – 30 Jun 2010
Pengiriman proposal 1 April- 20 Juli 2010
Penilaian keaslian dan kelayakan ide proposal 20 – 30 Juli 2010
Pengumuman hasil penyisihan proposal 31 Juli 2010
Upload prototype situs-web di server panitia Gemastik 1 – 14 Agustus 2010
Penilaian prototype situs web 15 – 31 Agustus 2010
Pengumuman finalis 2 September 2010
Babak final 6 – 7 Oktober 2010
4. Adapun rincian kegiatan sebagai berikut :
1. Tim peserta Lomba Disain Situs-Web diwajibkan mengirimkan kelengkapan dokumen dan proposal secara online melalui halaman masing – masing tim pada tanggal 1 April- 20 Juli 2010 untuk dilakukan penilaian keaslian dan kelayakan ide proposal. Pada tahapan ini akan dipilih 50 proposal disain situs-web terbaik, yang akan diumumkan pada tanggal 31 Juli 2010.
2. Tim Peserta yang lolos dalam tahapan tersebut, diberi kesempatan untuk merealisasikan proposal tersebut dan meng-upload prototypenya ke server panitia pada tanggal 1 – 14 Agustus 2010. Pada tahap ini akan diseleksi untuk mendapatkan 15 (lima belas) tim peserta yang akan diundang pada babak final. Pengumuman peserta yang lolos babak final akan diumumkan pada tanggal 2 September 2010
3. Tim peserta yang dinyatakan lolos ke babak final diberi kesempatan untuk menyelesaikan implementasi/realisasi desain situs-web yang dibuatnya dan menyempurnakan berbagai macam kelengkapan presentasi (contoh: makalah, poster) hingga tanggal 2 Oktober 2010. Paling lambat pada tanggal 2 Oktober 2010 versi terakhir dari berbagai macam kelengkapan presentasi tim peserta babak final dikirimkan secara on-line melalui halaman masing – masing tim.
4. Konfirmasi kehadiran tim peserta babak final pada babak final Gemastik-III 2010 didaftarkan secara on-line melalui halaman masing – masing tim pada tanggal 2 September – 2 Oktober 2010.
5. Penilaian terhadap karya dari tim peserta pada babak final dilaksanakan pada puncak acara Gemastik-III 2010 pada tanggal 7-8 Oktober 2010 dengan menampilkan versi terakhir dokumen dan kelengkapan lainnya, melaksanakan presentasi dan memperagakan situs yang mereka buat di hadapan dewan juri babak final Lomba Desain Situs-web.
6. Dari penjurian babak final akan ditentukan 3(tiga) tim peserta terbaik sebagai Pemenang I, II, dan III Lomba Desain Situs-web yang akan diumumkan pada upacara penutupan Gemastik-III 2010 pada tanggal 7 Oktober 2010.

* SYARAT KARYA YANG DILOMBAKAN

1. Karya memiliki kesesuaian pada lingkup topik yang dilombakan.
2. Karya belum pernah dipublikasikan dan dilombakan dalam kontes lain.
3. Karya dapat mengikutsertakan proyek akhir atau tugas akhir yang terkait dengan kegiatan akademik kurikuler pada program studi D3 atau S1 yang diikuti oleh para anggota tim kontestan.
4. Karya yang diikutsertakan dalam kontes dapat merupakan hasil dari kegiatan yang sudah berjalan proses pengembangannya.

* SYARAT PESERTA KOMPETISI

1. Peserta Web Design Contest adalah tim kontestan yang merupakan sekelompok mahasiswa peserta kontes beserta pembimbing tim.
2. Jumlah anggota tim kontestan beserta ketua tim sebanyak 3 orang mahasiswa.
3. Dalam tim kontestan terdapat pembagian tugas yang jelas untuk semua anggota, sesuai dengan keahliannya/penguasaannya.

* TAHAP – TAHAP KOMPETISI

Lomba dilaksanakan dalam 2 tahap, yaitu :
1. Babak Penyisihan
1. Babak Penyisihan dilaksanakan secara in absentia melalui sidang penilaian terhadap desain situs-web yang diusulkan melalui berbagai macam kelengkapan dokumen yang dikirimkan peserta oleh panel juri yang terdiri dari 3 orang.
2. Dari Babak Penyisihan akan dipilih 50 karya terbaik yang akan diberi kesempatan untuk mengikuti babak semi final.
2. Babak Semi Final
1. Babak semi final dilaksanakan secara in absentia melalui sidang penilaian terhadap hasil upload prototype desain situs-web oleh panel juri yang terdiri dari 3 orang.
2. Dari babak semi final akan dipilih 15 karya terbaik yang akan diberi kesempatan untuk mengikuti babak semi final.
3. Babak Final
1. Babak final lomba desain situs-web adalah presentasi pleno.
2. Tim kontestan final lomba desain situs-web melaksanakan presentasi di hadapan panel juri 3 orang.
3. Dari final lomba desain situs-web akan diputuskan para pemenang I, II, dan III lomba desain situs-web yang akan mendapatkan hadiah utama.

Sebelum kedua tahap tersebut dilaksanakan, calon peserta dapat mengikuti warming up di melalui website geMasTIK-III/2010 berupa kuis tentang kasus-kasus data mining.

* PERSYARATAN PENDAFTARAN TIAP TAHAP KOMPETISI

1. Dalam masa pendaftaran pada tanggal 25 Maret – 30 Juni 2010 ketua tim kontestan mengirimkan data pendaftaran yang terdiri dari:
1. Identitas tim kontestan, memuat nama tim dan asal perguruan tinggi dengan 1 orang ketua tim, 2 orang anggota, dan 1 orang dosen pembina, berikut data alamat email, nomor telepon, dan jenis kelamin.
2. Judul karya yang akan dilombakan.
3. Pengiriman data dilakukan secara on-line melalui halaman masing – masing tim.
4. Sebelum proses pendaftaran tim, masing-masing peserta harus mendaftarkan diri secara personal untuk mendapatkan fasilitas login yang dikirimkan melalui email.
2. Dalam masa pengiriman dokumen kelengkapan lomba pada tanggal 1 April – 20 Juli 2010 tim kontestan mengirimkan berkas-berkas:
1. Abstrak, konfigurasi sistem, site map, disain antar muka, disain database (jika menggunakan database).
2. Batasan sistem yang digunakan adalah:
o Bahasa pemrograman PHP, ASP, atau menggunakan CMS (Joomla, WordPress)
o Database yang bisa digunakan: MySQL dan Microsoft SQL.
o Minimal bisa diakses dengan browser IE, Mozilla Firefox, Opera.
3. Pengantar dari institusi, minimal dari Wakil Rektor/Ketua/Direktur Bidang Kemahasiswaan
4. Pernyataan karya belum pernah dipublikasikan dan diikutsertakan dalam kontes lain
5. Berkas-berkas dikirimkan dalam format PDF, diupload melalui melalui halaman masing – masing tim.
3. Dalam masa upload prototype desain situs-web pada tanggal 1 – 14 Agustus 2010 tim kontestan mengupload :
1. File desain situs :
o Minimal 60% dari jumlah halaman web dalam proposal
o Cukup berisi desain dan layout halaman
2. Database (jika ada) :
o Minimal berisi nama tabel dan field, belum berisi data tidak apa-apa
4. Tim kontestan yang lolos ke babak final wajib mengirimkan kelengkapan dokumen final paling lambat pada tanggal 2 Oktober 2010, yang terdiri dari:
1. Kelengkapan presentasi (contoh: makalah, poster).
2. Kelengkapan presentasi dalam format yang mendukung contoh PPT (Power Point), PDF.
3. Berkas-berkas dikirimkan dalam format PDF, diupload melalui melalui halaman masing – masing tim.
5. Tim kontestan finalis diwajibkan menyampaikan secara online melalui halaman masing – masing tim konfirmasi kehadirannya dalam acara puncak Gemastik-III 2010 di Kampus ITS Surabaya. Pelaksanaan konfirmasi kehadiran dilakukan pada tanggal 2 September – 2 Oktober 2010.

* MEKANISME DAN KRITERIA PENILAIAN

Kriteria penilaian/penjurian lihat di http://www.gemastik.its.ac.id/index.php/article/home/lomba_desain_web

sumber: http://www.gemastik.its.ac.id/index.php/article/home/lomba_desain_web


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: