Oleh: ikanbijak | April 23, 2010

Lomba Aplikasi

LOMBA APLIKASI

# TUJUAN DAN LINGKUP KONTES

Lomba Aplikasi merupakan kompetisi yang menguji kemampuan mahasiswa dalam mengimplementasikan ide, kreativitas, dan solusi dalam membangun aplikasi perangkat lunak dengan tema Pendayagunaan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam sistem operasional maupun managerial. Dalam kompetisi ini, peserta diharapkan dapat menggunakan salah satu atau gabungan platfom yang umum digunakan yaitu desktop, web, atau mobile.

# BENTUK KOMPETISI DAN TANGGAL – TANGGAL PENTING

1. Kompetisi dilaksanakan berdasarkan penilaian terhadap poster, dokumen perancangan aplikasi, screenshoot dan video prototype aplikasi, screenshoot dan video aplikasi final (installer dan source), dan testing aplikasi.
2. Tim peserta yang berminat mengikuti Lomba Aplikasi diwajibkan melaksanakan pendaftaran pada tanggal 1 April – 7 Juni 2010, secara online melalui situs http://gemastik.its.ac.id. Hal-hal yang perlu didaftarkan adalah data diri tim peserta, asal universitas, judul dan abstrak aplikasi yang akan dibuat.
3. Tim peserta Application Contest diwajibkan mengirimkan kelengkapan dokumen secara online pada tanggal 17 Mei – 26 Juli 2010 untuk dilakukan penjurian babak penyisihan dengan perincian:
1. Dokumen perancangan aplikasi
2. Screenshoot dan video prototype aplikasi
3. Tanggal 4 Juni – 17 Agustus 2010: pengiriman screenshoot dan video aplikasi final beserta softcopy poster yang menjelaskan aplikasi yang telah dibuat.
4. Penyisihan tim peserta yang akan dinyatakan lolos pada babak final dilaksanakan oleh juri selama masa penjurian tanggal 2 – 21 Agustus 2010 berdasarkan penilaian in absentia terhadap berbagai macam kelengkapan dokumen peserta.
5. Lomba Aplikasi akan menghadirkan 20 tim peserta yang dinyatakan lolos babak final dan diumumkan pada tanggal 24 Agustus 2010.
6. Tim peserta yang dinyatakan lolos ke babak final diberi kesempatan untuk menyelesaikan implementasi aplikasi yang dibuat dan menyempurnakan berbagai macam kelengkapan presentasi (makalah, poster, dan dokumen presentasi). Berbagai kelengkapan final ini dikirim secara online sampai tanggal 2 Oktober 2010.
7. Konfirmasi kehadiran tim peserta babak final didaftarkan secara online pada tanggal 2 September – 2 Oktober 2010.
8. Penilaian terhadap karya ilmiah dan tim peserta pada babak final dilaksanakan pada puncak acara Gemastik III 2010 pada tanggal 6-7 Oktober 2010 dengan menampilkan versi terakhir dokumen dan kelengkapan lainnya, melaksanakan presentasi, dan memperagakan aplikasi yang telah dibuat di hadapan dewan juri babak final Lomba Aplikasi.
9. Dari penjurian babak final akan ditentukan tiga tim peserta terbaik sebagai Pemenang I, II, dan III Lomba Aplikasi yang akan diumumkan pada upacara penutupan Gemastik III 2010 pada tanggal 7 Oktober 2010.

# SYARAT KARYA YANG DIKOMPETISIKAN

Persyaratan karya yang diikutsertakan dalam Lomba Aplikasi meliputi ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

1. Karya aplikasi memiliki kesesuaian dengan tema yang telah ditentukan.
2. Karya aplikasi belum pernah dipublikasikan dan dikompetisikan dalam kompetisi lain yang serupa dan pada taraf yang selevel.
3. Karya aplikasi dapat mengikutsertakan tugas akhir yang terkait dengan kegiatan akademik kurikuler pada program studi D3 atau S1 yang diikuti oleh para anggota tim kontestan.
4. Karya aplikasi yang diikutsertakan dalam kompetisi dapat merupakan hasil dari kegiatan yang sudah berjalan proses penelitian atau pengembangannya.

# SYARAT PESERTA KOMPETISI

Persyaratan peserta Lomba Aplikasi adalah sebagai berikut:

1. Peserta adalah tim kontestan yang merupakan sekelompok mahasiswa beserta pembimbing tim.
2. Ketua tim adalah mahasiswa program studi D3 atau S1 yang belum lulus, ditunjukkan dengan Kartu Tanda Mahasiswa yang masih berlaku, yang akan tercantum sebagai penulis pertama paper dan laporan penelitian atau pengembangan.
3. Anggota tim terdiri dari mahasiswa program studi D3 atau S1 yang belum lulus dan ditunjukkan dengan Kartu Tanda Mahasiswa yang masih berlaku.
4. Pembimbing tim adalah dosen atau staf pengajar yang ditugaskan oleh institusi.
5. Jumlah anggota tim kontestan beserta ketua tim dan pembimbingnya sebanyak maksimal empat orang.
6. Dalam tim peserta terdapat pembagian tugas yang jelas untuk semua anggota sesuai dengan keahliannya masing-masing.

# TAHAP – TAHAP KOMPETISI

1. Babak Penyisihan :
1. Babak penyisihan dilaksanakan secara in absentia melalui sidang penilaian terhadap aplikasi yang diusulkan melalui berbagai macam kelengkapan dokumen yang dikirimkan oleh peserta oleh panel juri yang terdiri dari tiga orang.
2. Dari babak penyisihan akan dihasilkan 20 karya terbaik yang akan diundang dalam Application Contest untuk mengikuti babak kompetisi selanjutnya yaitu: Grand Final Lomba Aplikasi.
2. Babak Final :
1. Grand Final Application Contest adalah presentasi pleno.
2. Tim peserta Grand Final Application Contest melaksanakan presentasi di hadapan panel juri sebanyak empat orang.
3. Grand Final Lomba Aplikasi akan menghasilkan Pemenang I, II, dan III Lomba Aplikasi yang akan mendapatkan hadiah utama.

# PERSYARATAN PENDAFTARAN TIAP TAHAP KOMPETISI

1. Dalam masa pendaftaran pada tanggal 1 April – 7 Juni 2010 ketua tim peserta mengirimkan data pendaftaran yang terdiri dari:
1. Identitas tim peserta yang memuat nama tim, asal perguruan tinggi, data 1 orang ketua tim, 2 orang anggota, dan 1 orang dosen pembina lengkap dengan email, nomor telepon, dan jenis kelamin.
2. Judul dan abstrak karya yang dikompetisikan.
3. Pengiriman data dilakukan secara online.
4. Sebelum proses pendaftaran tim, masing-masing peserta harus mendaftarkan diri secara personal untuk mendapatkan fasilitas login yang dikirimkan melalui email.
2. Dalam masa pengiriman dokumen kelengkapan kompetisi pada tanggal 17 Mei – 26 Juli 2010, tim peserta mengirimkan berkas-berkas:
1. Abstrak aplikasi, softcopy poster, dokumen perancangan aplikasi, dan screeshoot atau video prototipe aplikasi.
2. Pengantar dari institusi, minimal dari Wakir Rektor atau Ketua atau Direktur Bidang Kemahasiswaan.
3. Pernyataan bahwa karya penelitian belum pernah dipublikasikan dan diikutsertakan dalam kontes lain yang serupa dan pada taraf yang selevel. Dokumen pernyataan dapat diunduh secara online.
4. Berkas-berkas dikirimkan dalam format yang telah ditentukan dan diupload secara online.
1. Abstrak aplikasi dan dokumen perancangan aplikasi dalam format PDF, dengan nama abstrak.pdf
2. Poster dalam format PNG, dengan ukuran A0, 100dpi, 3400 x 4400 pixel. Nama file poster adalah poster.png
3. Serangkaian screenshot untuk demo prototipe, dengan gambar disimpan dalam format PNG (nama: 001.png, 002.png, dst). Seluruh file diarsipkan sebagai file ZIP dengan nama demo_screen.zip
4. Video dalam format yang didukung oleh decoder pada projek Combined Community Codec Pack (http://www.cccp-project.net/), misal: avi, mkv, mp4. File video diberi nama “001 – Judul Video 1.avi”, “002 – Judul Video 2.mp4”, dst. Seluruh file diarsipkan sebagai file ZIP dengan nama demo_video.zip
5. Seluruh file diarsipkan sebagai kode_kelompok.zip
3. Tim peserta yang lolos ke babak final wajib mengirimkan kelengkapan dokumen final paling lambat tanggal 2 Oktober 2010 yang terdiri dari:
1. Versi terbaru dari dokumen-dokumen yang telah diserahkan pada tahap seleksi, yaitu: abstrak aplikasi, softcopy poster, dokumen perancangan aplikasi, dan screeshoot atau video prototipe aplikasi.
2. Poster dalam format aslinya (siap cetak)
3. Installer diarsipkan sebagai file ZIP dengan nama prototipe.zip. Tambahkan file readme.txt, pada root file ZIP, berisikan panduan bagaimana cara meng-install-nya.
4. Kelengkapan presentasi:
1. Makalah / handout, dalam format PDF
2. Slide presentasi, dalam format yang mendukung misalnya PPT atau PDF
5. Berkas-berkas diarsipkan dalam format ZIP dengan nama kode_kelompok-final.zip dan diupload secara online

# MEKANISME DAN KRITERIA PENILAIAN

Pelaksanaan mekanisme dan kriteria penilaian karya dapat dilihat :http://www.gemastik.its.ac.id/index.php/article/home/lomba_aplikasi

sumber: http://www.gemastik.its.ac.id/index.php/article/home/lomba_aplikasi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: