Oleh: ikanbijak | April 24, 2008

Pemerintah Masih Belum Izinkan Penggunaan Pukat Harimau

Pemerintah Masih Belum Izinkan Penggunaan Pukat Harimau
Kamis, 10 April 2008 21:24

Kapanlagi.com – Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) tidak akan memberikan ijin penggunaan trawl, atau yang lebih dikenal dengan pukat harimau, di seluruh perairan Indonesia dalam waktu dekat.
“Tidak, kita tidak akan memberi ijin penggunaan pukat harimau di perairan Indonesia dalam waktu dekat,” kata Dirjen Perikanan Tangkap DKP, Ali Supardan, di Jakarta, Kamis.

Dia menegaskan, pemberitaan media massa tentang DKP yang berencana membuka izin penggunaan jaring pukat harimau di seluruh perairan Indonesia sesuai dengan rekomendasi dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) tidak lah benar.

“Itu kan hanya rekomendasi dari Bappenas kepada DKP untuk memberikan ijin penggunaan trawl, kita kan perlu mengkajinya lagi,” ujar dia.

Dia mengatakan, rekomendasi dari Bappenas agar departemennya membuka penggunaan trawl kecuali di kawasan konservasi merupakan kajian dari beberapa pakar. Namun DKP masih harus mengkajinya lebih lanjut apakah izin penggunaan trawl tersebut cukup aman dan tidak berdampak pada lingkungan maupun sosial.

Sampai sejauh ini, dia mengatakan, perizinan penggunaan pukat hanya untuk kawasan Kalimantan Timur bagian Utara, atau lebih tepatnya perairan Ambalat.

Melalui Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.06/ MEN/2008, ijin penggunaan pukat pun hanya untuk pukat hela, bukan pukat harimau.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Freddy Numberi mengatakan, pemberian ijin penggunaan pukat hela tersebut lebih terkait pada hal politis agar perairan Ambalat tetap bertuan dan tidak diklaim Malaysia sebagai bagian dari negaranya.

Freddy telah memberi komitmen akan mencabut Permen yang telah dikeluarkannya pada 26 Februari 2008 jika memang ternyata ijin tersebut berdampak pada kerusakan terumbu karang dan merugikan nelayan. (*/rsd)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: