Oleh: ikanbijak | April 16, 2008

Bupati dan Wali Kota Tolak Kapal Trawl

Bupati dan Wali Kota Tolak Kapal Trawl
Kompas, RABU, 2 APRIL 2008 | 20:48 WIB

SAMARINDA, RABU – Para bupati dan wali kota di Kalimantan Timur bagian utara menolak penangkapan ikan memakai pukat harimau atau trawl. Mereka juga melayangkan protes aturan yang mengizinkan beroperasinya kapal trawl di perairan utara yang meliputi Kabupaten Nunukan, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Tana Tidung, dan Kota Tarakan.
Mereka mempersoalkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 6 Tahun 2008 tentang Penggunaan Alat Penangkapan Ikan Pukat Hela di Kalimantan Timur bagian Utara. Mereka menilai peraturan itu bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Penangkapan Ikan juga Keputusan Presiden Nomor 39 Tahun 1980 tentang Pelarangan Alat Tangkap Trawl di Perairan Indonesia.
“Aturan menteri itu tak perlu diikuti sebab cacat hukum,” kata Penjabat Bupati Tana Tidung, A Zaini Anwar, Rabu (2/4), di Samarinda.
Ia khawatir penerapan aturan itu memicu konflik antarnelayan yang kerap terjadi selama ini. “Menteri perlu menjelaskan mengapa membuat aturan yang bertentangan dengan yang di atasnya,” kata Wali Kota Tarakan, Jusuf Serang Kasim. Alasan pemerintah izin diberikan untuk kesejahteraan nelayan kecil patut dipersoalkan. Masalahnya, nelayan kecil tak memakai trawl.
Bupati Nunukan, Abdul Hafid Achmad, mengatakan dilarang pun kapal-kapal trawl sudah ada sejak lama. “Aneh, kenapa kini mau diizinkan. Pokoknya saya tolak,” katanya.
“Saya tak akan terapkan sebab tak pernah diajak bicara tentang aturan itu,” kata Bupati Bulungan, Budiman Arifin. Ia menilai terbitnya aturan itu tanda pemerintah pusat tak berdaya mengatasi penangkapan ikan dengan cara tak ramah.
Ketua Persatuan Nelayan Kecil Kota Tarakan, Rustam, mengatakan penerapan aturan itu sama dengan mengajarkan nelayan merusak laut. “Kalau mau menyejahterakan nelayan mengapa tak memberi modal sehingga nelayan bisa membeli pancing, jala, atau memperbaiki kapal,” katanya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: