Oleh: ikanbijak | Mei 10, 2010

BNPB Gelar Lomba Karya Tulis Kebencanaan

BNPB Gelar Lomba Karya Tulis Kebencanaan

KESRA—8 MEI: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Masyarakt Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Mapiptek) mengadakan lomba penulisan kebencanaan bagi wartawan dan penulis.

Tahun ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan lomba tersebut, demikian rilis panitia lomba yang diterima menkokesra.go.id, Kamis (6/5).

Lomba ini bertujuan untuk menggugah dan mengembangkan minat menulis tentang masalah bencana pada wartawan dan penulis. Kompetisi ini secara tidak langsung dapat meningkatkan penyebaran informasi kebencanaan kepada masyarakat di Indonesia

Tema penulisan ’Membangun Kota yang Tangguh terhadap Bencana’ dengan empat subtema, pertama meningkatkan pengetahuan untuk membangun kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana di perkotaan.

Kedua upaya pengurangan resiko atau dampak negatif bencana di perkotaan, ketiga meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat perkotaan dalam menghadapi bencana, dan keempat membangun ketangguhan kota dan masyarakatnya dalam menghadapi bencana.

Peserta lomba wartawan media cetak dan online, maupun penulis di media cetak dan online.

Kriteria lomba, terbuka untuk semua wartawan Indonesia, yang dibuktikan dengan fotokopi identitas wartawan, dan penulis disertai fotocopy KTP. Naskah sudah harus diterbitkan di media cetak dan online mulai 1 Desember 2009 hingga 30 September 2010.

Setiap peserta dapat mengirimkan lebih dari satu materi publikasi (masing-masing rangkap 3) yaitu dalam bentuk daftar tulisan dan fotokopi kliping tulisan. Panitia berhak menggunakan karya tersebut untuk keperluan publikasi dan promosi pihak penyelenggara.

Keputusan dewan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Batas akhir penerimaan naskah tanggal 1 Oktober 2010 (sudah diterima).

Naskah dikirim ke panitia lomba, Sekretariat Mapiptek Press Room Gedung II BPPT Lantai Dasar, Jl MH Thamrin No 8, Jakarta 10340, telepon/faksimili 021-3169077, Email : mapiptek@yahoo.comAlamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya , mapiptek@cbn.net.idAlamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya

Panitia menyediakan hadiah bagi juara I sebesar Rp 10 juta, juara II Rp 8 juta, dan juara III Rp 6 juta masing-masing beserta plakat dan piagam.

Adapun kriteria penilaian adalah orisinal, dipublikasikan di media massa cetak umum dan media online. Dipublikasikan sesuai jangka waktu yang ditetapkan, kesesuaian naskah dengan tema lomba, menggunakan ejaan yang disempurnakan (EYD), naskah berisi solusi dan analisa, kuantitas penulisan sesuai tema, gaya bahasa dan deskripsi, serta peliputan investigasi. (H)

sumber: http://www.menkokesra.go.id/content/view/14643/1/

About these ads

Responses

  1. apakah ini hanya berlaku untuk wartawan dan penulis media cetak? Apakah mahasiswa bisa ikut berkontribusi?

    • Untuk wartawan seperti liputan nampaknya, kalau untuk umum termasuk mahasiswa biasanya penulis kolom atau opini


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: